April 4, 2013

Global Warming

Global warming (pemanasan global) adalah keadaan meningkatnya suhu rata-rata bumi yang salah satunya terjadi akibat gas-gas efek rumah kaca yang berbahaya. Peningkatan aktivitas manusia di bumi telah mendorong terjadinya pemanasan global.
Salah satu dampak dari global warming adalah perubahan permukaan air laut. Perubahan permukaan air laut akan membawa dampak negative yang cukup signifikan. Peningkatan permukaan air laut akan menggenangi banyak areal ekonomis penting,, seperti: pemukiman dan prasarana wilayah, lahan pertanian, tambak, tempat wisata, dan pelabuhan.
Beberapa dampak yang ditimbulkan akibat global warming adalah:
a.       Pemanasan bumi dan periode iklim yang tidak menentu
b.      Kenaikan permukaan air laut dan banjir
c.       Pencairan gletser
d.      Pemanasan kutub dan antartika
e.      Matinya terumbu karang
Untuk menghindari dampak global warming tersebut, kita dapat melakukan beberapa hal untuk menjaga bumi kita, yaitu dengan cara menanam pohon yang banyak, mengurangi penggunaan AC, meminimalisir gas-gas atau asap yang dapat membuat ozon berlubang.
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa global warming atau pemanasan global bukanlah hal yang sepele. Kita harus menjaga bumi kita sendiri sebelum bumi kita habis akibat ulah penghuninya sendiri. Oleh karena itu, jagalah bumi kita dengan menjaga lingkungan kita supaya generasi berikutnya dapat merasakan udara segar dan keindahan bumi kita.

No comments:

Post a Comment