January 3, 2014

#1 PENGANTAR INTERNET (TULISAN)

ANALISA DAN PEMBAHASAN

A.      PENGERTIAN DAN SEJARAH
1.       Pengertian Internet
Internet adalah kumpulan kumpulan jaringan dari jaringan-jaringan computer dunia yang terdiri dari jutaan unit-unit kecil seperti jaringan pendidikan, bisnis, pemerintahan, dan lain-lain yang secara bersama menyediakan berbagai layanan informasi.

Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.

2.       Sejarah Internet
Sejarah awal adanya internet bermula dari persaingan antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet. Uni Soviet melucurkan sebuah satelit bernama Sputnik pada tahun 1957. Peluncuran Sputnik ini dirasakan sebagai ancaman oleh Amerika Serikat. Presiden Dwight D. Eisenhower menyatakan perlunya membangun sebuah teknologi yang membuat Amerika Serikat tetap menjadi negara yang superior. Kemudian dibentuklah sebuah badan yang disebut Advanced Research Projects Agency (ARPA). ARPA bernaung dibawah Departemen Pertahanan Amerika Serikat atau Department of Defense (DoD).

Pada tahun 1969, DoD memberikan tugas kepada ARPA untuk membangun sebuah mata rantai komunikasi antara DoD dengan militer yang tidak dapat disabotase oleh musuh mereka. Jaringan komunikasi yang diciptakan ini disebut ARPAnet. Pada awalnya, ARPAnet hanya menghubungkan 4 buah situs, yaitu:
a.       Stanford Research Institute (SRI)
b.      University of California at Santa Barbara (UCSB)
c.       University of California at Los Angeles (UCLA)
d.      University of Utah
Pada tahun 1970, penelitian yang dilakukan di Stanford University menghasilkan sebuah protocol yang disebut TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

B.      KONEKSI KE INTERNET
Cara untuk menghubungkan ke internet:
1.       Melalui telepon kabel, bisa mengakses Internet secara dial-up, sewa jaringan (leased line), atau menggunakan layanan transmisi digital menggunakan modem DSL (Digital Subscriber Line).
2.       Melalui telepon nirkabel, baik yang berteknologi GSM (Global System for Mobile Communications) maupun berteknologi CDMA (Code Division Multiple Access).
3.       Melalui televisi kabel atau televisi berlangganan.
4.       Melalui gelombang mikro.
5.       Melalui layanan wireless access point.
Pada dasarnya ada tiga sarana yang tersedia bagi rata-rata pengguna PC untuk koneksi ke Internet :
a.       Layanan online terkenal seperti America Online, Compuserve, Delphi atau Prodigy, yang
semuanya menawarkan beragam tingkat konektivitas ke Internet diantara berbagai
layanan yang lain.
b.      Lembaga badan hukum atau pendidikan yang memberi account pada jaringan lembaga
tersebut yang terkoneksi ke Internet.
c.       Penyedia Layanan Internet (ISP) lokal dan nasional seperti Radnet, Idola, Indonet,
IBM-net, MegaNet, IndosatNet dan sebagainya.

Ketiga pilihan ini memiliki kelebihan dan kekurangan dan juga jenis utility Internet yang dapat dan perlu digunakan bervariasi tergantung cara melakukan koneksi ke Internet. Penggunaan ISP lokal lebih murah dibandingkan dengan layanan online internasional yang harus menggunakan pulsa internasional, seperti Compuserve atau AOL. Dengan ISP lokal hanya perlu membayar pulsa lokal untuk koneksinya selain biaya langganan yang harus dibayar tentunya.

C.      JENIS HUBUNGAN KONEKSI INTERNET
1.       Account Shell Unix
Account shell adalah account dial-up pada server akses-publik yang menjalankan sistem
operasi Unix. Kebanyakan server di Internet menjalankan Unix karena protokol yang
digunakan di Internet adalah TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol), yang
kebetulan digunakan oleh server Unix untuk saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya.
Mengakses shell account tidaklah sulit, yang diperlukan hanyalah program emulasi terminal
dasar seperti Windows Terminal.
Bagi server Unix, komputer terlihat sebagai dumb terminal yakni terminal yang hanya
mampu mengirim dan menerima karakter teks saja. Dengan sendirinya yang didapatkan adalah
antarmuka berbasis karakter. Untuk itu, perlu dipelajari beberapa perintah dasar Unix. Karena
semua server Unix memiliki semua piranti dasar Internet yang sudah diinstal, sehingga praktis
tidak memerlukan apa-apa lagi selain perangkat lunak komunikasi modem dasar.
Agar menambah kemampuan akses dari Account Shell Unix dapat ditambahkan
beberapa program bantu. Program tersebut misal TIA (The Internet Adapter) atau SLIPKnot.

2.       Account UUCP (Unix to Unix Copy Protocol)
Account jenis ini menyediakan pola koneksi yang relatif paling murah. Service yang dapat
disediakan oleh pola koneksi ini meliputi e-mail dan newsgroup. Pengguna akan menelfon ISP dan ketika terjadi kontak akan dilakukan transfer data dari pengguna ke ISP yang akan diteruskan ke Internet, dan dari ISP ke pengguna. Data dari pengguna tersebut bisa merupakan e-mail yang dikirim, ataupun news yang diposting. Sedangkan data dari ISP ke pengguna bisa berupa e-mail ataupun newsfeeding, isi dari newsgroup yang disubscribe. Cara ini sangat praktis, karena pembacaan ataupun penulisan e-mail dilakukan secar off-line, yaitu tidak membutuhkan koneksi telfon. Juga proses transfer data dilakukan dengan dikompres terlebih dahulu. Kelebihan lain dari account UUCP ini adalah seorang user dapat menjadi node untuk user lainnya di mesin tersebut. Account e-mail pada mesin user made dapat dibuat menjadi banyak. Ini sangat cocok untuk perusahaan kecil yang menginginkan memiliki e-mail address yang banyak. Untuk menggunakan account UUCP ini dapat digunakan program-program yang dapat berbicara dengan protocol UUCP, misalkan Linux atau mesin Unix lainnya. Sedangkan untuk lingkungan DOS dapat menggunakan Waffle atau UUPC.

3.       Account Front Ends Grafis Terpadu
Apabila user menginginkan antarmuka grafis ke Internet yang nyaman dan mudah digunakan, anda dapat membuka account pada penyedia layanan Internet yang menawarkan program antarmuka perangkat lunak terpadu seperti FTP, Telnet, e-mail, newsreader Usenet, browser Web dan biasanya client Gopher. Misal dengan menggunakan program seperti Worldgroup Client, misal pada BBS Departement Perindustrian

4.       Account SLIPP dan PPP
Serial Line Internet Protocol (SLIP) dan PPP (Point to Point Protocol) bekerja diatas
serial line, dan membutuhkan infomrasi tambahan. Karena koneksi SLIP dan PPP hanya
antara dua mesin, source dan destination IP address dibutuhkan. Juga serial port identifies
termasuk interrupt vector yang digunakan. Serial line harus dikonfigurasi dengan benar
sebelumnya. Koneksi SLIP membutuhkan pengaturan netmask, sedang PPP tidak. PPP lebih
bail dari pada SLIP. SLIP hanya medukung komunikasi asinkon saja, sedang PPP mendukung
asinkron dan sinkron. SLIP dapat membutuhkan jalur khusus yang berhubungkan, sdan PPP
dapat menggunakan bergantian dengan program lainnya seperti UUCP. SLIP kurang memiliki
deteksi error, dan PPP memilikinya. PPP adalah protokol yang lebih baik dibanding SLIP,
tetapi SLIP lebih nayak tersedia pada impelemntasi operating sistem.

D.      PERANGKAT YANG DIBUTUHKAN
Untuk mengakses Internet, ada beberapa perangkat yang diperlukan:
1.       Komputer, sebaiknya yang dapat menjalankan Microsoft Windows.
2.       Modem, sebaiknya yang dapat dijalankan dengan kecepatan sedikitnya 14,4 kbps (kilobit
per detik) atau lebih cepat dari itu. Bergantung dengan jenis jalur komunikasi yang digunakan.
3.       Perangkat lunak koneksi.
4.       Penyedia akses Internet.
5.       Jalur komunikasi
6.       Perangkat jaringan tambahan (untuk Corporate Connection)


KESIMPULAN

Internet adalah jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. Terdapat banyak cara dan sarana untuk mengkoneksikan internet sehingga dapat terhubung luas.


DAFTAR PUSTAKA

Bidgoli, H. (2004). The Internet Encyclopedia : Vol. 1 A-F. California : John Willey & Sons, Inc.
Bidgoli, H. (2004). The Internet Encyclopedia : Vol. 2 G-O. California : John Willey & Sons, Inc.
Yuhefizar. (2008). 10 Jam Menguasai Internet : Teknologi dan Aplikasinya. Jakarta : PT Elex Media Komputindo
http://pengertian-definisi.blogspot.com/2012/03/sejarah-internet.html

No comments:

Post a Comment