January 3, 2014

PSIKOLOGI KETERTARIKAN INTERPERSONAL DALAM INTERNET, HAMBATAN PSIKOLOGI & PERILAKU NEGATIF DALAM INTERPERSONAL ONLINE-RELATION

BAB I
PENDAHULUAN

A.      LATAR BELAKANG
Dalam berinternet para netter dibuai dengan banyaknya fitur internet seperti mailing, chatting, gaming, serta jejaring sosial. Dalam menggunakan fitur tersebut kita biasanya tidaklah sendiri, melainkan kita bertemu netter lain baik secara langsung maupun tidak dan karena hal tersebut muncullah komunikasi diantara para netter karena desakan kebutuhan manusia seperti kebutuhan akan aktualisasi diri dan kebutuhan akan eksistensi orang lain. Dari komunikasi itulah timbul ketertarikan antara netter satu dengan lainnya seperti seorang gamer yang menjagokan karakter buatan orang lain yang jauh lebih kuat dari karakter game yang ia buat, atau seorang pengguna jejaring sosial yang tertarik dengan lawan jenis setelah melihat gambar profil orang lain yang dianggapnya menarik, bahkan dengan fitur teleconference yang juga disediakan dalam berinternet menambah peluang terjadinya ketertarikan antara netter satu dengan lainnya.

B.      TUJUAN
1.       Mengetahui dan memahami fenomena ketertarikan interpersonal melalui internet.
2.       Mengetahui dan memahami keterbatasan saat melakukan interpersonal online-relation.
3.       Mengetahui dan memahami perilaku-perilaku negatif dalam interpersonal online-relation.

C.      RUMUSAN MASALAH
1.       Apa saja faktor yang menyebabkan ketertarikan terhadap orang lain?
2.       Apa saja hambatan saat melakukan interpersonal online-relation?
3.       Apa saja perilaku negatif dalam interpersonal online-relation?


BAB II
ANALISA DAN PEMBAHASAN

A.      KETERTARIKAN INTERPERSONAL DALAM INTERNET
Tentunya dalam menjalin hubungan dengan orang lain, terlebih jika mempunyai derajat homophily yang tinggi maka komunikan akan mempunyai ketertarikan satu sama lain. Ketertarikan terhadap orang lain ini bisa terjadi pada pra-saat-setelah komunikasi interpersonal. Pada saat pra atau sebelum komunikasi interpersonal disebabkan oleh memes yang telah kita bicarakan pada bab sebelum ini. Seseorang bisa tertarik kepada orang lain dalam berkomunikasi karena adanya penghargaan (reward) yang berupa umpan balik positif. Inilah yang disebut sebagai proses penguatan.

Beberapa faktor yang menyebabkan ketertarikan terhadap orang lain:
1.       Faktor karakteristik orang lain; orang tertarik kepada orang lain lebih disebabkan oleh fisik (physical attraction). Selain itu, orang tertarik dan lebih merasa tertantang jika mengalami
kesulitan dalam meraih perhatian dari orang lain (hard to get effect).

2.       Faktor situasional; orang tertarik kepada orang lain karena biasa bertemu dalam tempat yang dekat (proximity) dan orang tertarik kepada orang lain karena ikatan emosional (familiarity).

Dalam berkomunikasi dengan orang lain maka seringkali ada suatu permasalahan meskipun komunikasi tersebut didasari dengan ketertarikan. Menurut Brehm & Kassin (1996), masalah komunikasi tersebut diantaranya adalah:
1.       Negative affect reciprocity, yaitu proses komunikasi yang bermasalah karena salah satu komunikan membangkitkan kesalahan lawan bicaranya pada masa yang harmonis.

2.       Demand/ withdraw interaction, yaitu proses komunikasi yang bertepuk sebelah tangan atau tidak ada kesepakatan dalam proses berkomunikasi

B.      HAMBATAN PSIKOLOGI DALAM INTERPERSONAL ONLINE-RELATION
Seringkali komunikan tidak saling memahami maksud pesan atau informasi dari lawan bicaranya. Hal ini disebabkan beberapa masalah antara lain:
a.       Komunikator:
·         Hambatan biologis, misalnya komunikator gagap.
·         Hambatan psikologis, misalnya komunikator yang gugup.
·         Hambatan gender, misalnya perempuan tidak bersedia terbuka terhadap lawan bicaranya yang laki-laki.
b.      Media:
·         Hambatan teknis, misalnya masalah pada teknologi komunikasi (microphone, telepon, power point, dan lain sebagainya).
·         Hambatan geografis, misalnya blank spot pada daerah tertentu sehingga signal HP tidak dapat ditangkap.
·         Hambatan simbol/ bahasa, yaitu perbedaan bahasa yang digunakan pada komunitas tertentu. Misalnya kata-kata “wis mari” versi orang Jawa Tengah diartikan sebagai sudah sembuh dari sakit sedangkan versi orang Jawa Timur diartikan sudah selesai mengerjakan sesuatu.
·         Hambatan budaya, yaitu perbedaan budaya yang mempengaruhi proses komunikasi.

C.      PERILAKU NEGATIF DALAM INTERPERSONAL ONLINE-RELATION
Selain adanya hambatan dalam terjalinnya hubungan di dunia maya di dalamnya juga terdapat beberapa perilaku negatif seperti:
a.       Cyber Cheating, atau perselingkuhan yang terjadi di internet dapat terjadi ketika seseorang yang telah memiliki pasangan memiliki hubungan yang dekat pula dengan orang lain. Misalkan seorang istri memiliki akun jejaring sosial dimana mantannya masih terdaftar dalam daftar temanya dan selama ini dia sering chatting dengan kata-kata mesra dan menggoda dengan mantannya itu, maka hal tersebut dapat dikatakan dengan cyber-cheating.

b.      Cyber Flirting, atau merayu yang dilakukan dalam dunia maya. cyber flirting adalah suatu hal yang umum yang terjadi di jejaring sosial bahkan game. Namun dalam terjadinya banyak terjadi ketidak amanan yang membuatnya dikategorikan sebagai perilaku negatif, contohnya adalah dalam cyber flirting orang bisa menggunakan bahasa yang tidak pantas, ditambah lagi jika dalam terjadinya terdapat kepalsuan identitas maka semakin menjadi perilaku negatif cyber flirting tersebut.


BAB III
KESIMPULAN

Dalam menjalin hubungan dengan orang lain, maka komunikan akan mempunyai ketertarikan satu sama lain. Ketertarikan terhadap orang lain ini bisa terjadi pada pra-saat-setelah komunikasi interpersonal. Namun, dalam berkomunikasi dengan orang lain seringkali ada suatu permasalahan meskipun komunikasi tersebut didasari dengan ketertarikan. Seringkali komunikan tidak saling memahami maksud pesan atau informasi dari lawan bicaranya. Selain adanya hambatan dalam terjalinnya hubungan di dunia maya di dalamnya juga terdapat beberapa perilaku negatif.


BAB IV
DAFTAR PUSTAKA


http://nyepsycho.wordpress.com/2010/04/06/komunikasi-interpersonal/

No comments:

Post a Comment