BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Saat ini penggunaan internet telah
berkembang dengan pesat. Banyak orang yang mulai menggunakan internet karena
penggunaannya yang mudah diakses dimana pun dan kapan pun. Namun, dalam
penggunaannya itu terkadang masih ditemukan orang-orang yang belum mengerti
bagaimana seharusnya menggunakan internet dengan baik dan benar sehingga tidak
merugikan diri sendiri dan orang lain.
B. TUJUAN
Untuk memahami dan mengetahui tentang World Wide Web, E-mail, Search Engine,
Chatting, serta Netiquette.
C. RUMUSAN MASALAH
1.
Apa pengertian dari World Wide Web?
2.
Apa pengertian dari E-mail?
3.
Apa pengertian dari Search Engine?
4.
Apa pengertian dari Chatting?
5.
Apa pengertian Netiquette?
BAB II
ANALISA DAN PEMBAHASAN
A. WORLD
WIDE WEB (WWW)
World Wide Web adalah informasi yang dapat
diakses melalui internet dimana dokumen-dokumen hypermedia (file-file
computer) disimpan dan kemudian diambil dengan cara-cara yang menggunakan
metode penentuan alamat yang unik. World wide web juga merupakan kumpulan
computer yang bertindak sebagai server isi/kandungan yang menyimpan
dokumen-dokumen yang diformat untuk memungkinkan dilihatnya teks, grafis, dan
audio sekaligus juga memungkinkan dibuatnya link dengan dokumen-dokumen lain
didalam web.
B. ELECTRONIC
MAIL (E-MAIL)
E-Mail merupakan singkatan
dari electronic mail, yaitu suatu metode untuk mengirimkan pesan,
menyimpannya, dan meneruskannya ke alamat email yang lain melalui media
elektronik (internet). Dengan fasilitas ini, kita bisa mengirim atau menerima
pesan(email) dari dan ke pengguna internet diseluruh dunia, dan setiap pesan
yang dikirim dan diterima akan selalu tersimpan di dalam mailbox.
Untuk mengirim e-mail dapat melalui: yahoo mail, google mail, dan sebagainya.
C. SEARCH
ENGINE
Search Engine adalah perangkat lunak
atau lebih sering disebut robot atau jarring laba-laba yang diprogram untuk
mencari website terbaru. Robot ini bekerja dengan cara mengunjungi dari website
satu ke website lainnya. Saat mengunjungi website, robot-robot akan mencatat
setiap halaman yang ada pada setiap website. Robot-robot tersebut akan
mengunjungi ulang website yang pernah dikunjungi secara teratur untuk
memastikan apakah website yang telah terindeks masih ada atau tidak.
Contoh search
engine: google chrome, Mozilla firefox, internet explorer, dan sebagainya.
D. CHATTING
Chatting merupakan aplikasi yang
sangat banyak digunakan oleh pengguna internet untuk berkomunikasi secara
langsung baik menggunakan software internet relay chat (IRC) yang
berbasis teks seperti mIRC maupun grafik seperti Yahoo Messenger.
Dengan chatting, anda bisa bicara dengan siapa saja yang terhubung
dengan internet.
Selain Yahoo Messenger, kita juga dapat chatting melalui msn, ICQ, dan
sebagainya.
E. NETIQUETTE
NETIQUETTE yaitu Internet dan Etiquette.
Internet merupakan sebuah wadah yang besar untuk berbagai macam informasi,
berbagai topik bahasan tersedia di internet, dari mulai bahan pembelajaran,
politik sampai informasi gossip sekalipun. Selain untuk mencari berita tentang
kehidupan internet juga dapat dijadikan tempat untuk bersosialisasi, karena
sudah banyak media-media sosial pada internet seperti facebook, tweeter,
myspace, dan lainnya. Internet juga dapat membantu dalam hal pekerjaan dengan
internet para karyawan dapat bertukar data dengan cepat melaluli email.
Netiquette ini adalah sebuah aturan-aturan yang harus kita pahami saat kita
memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banya dan terbuka.
Beberapa aturan
yang ada pada Netiquette diantaranya adalah :
1.
Pengamanan property yang dimiliki oleh user,
seperti mengamankan komputer dari virus-virus atau personal firewal.
2.
Tidak menggunakan data pribadi yang sebenarnya.
3.
Menghargai pengguna internet yang lainnya, tidak
melakukan plagiat, tidak mengambil keuntungan illegal dari intenet, tidak
mengganggu privasi orang lain, tidak boros kata atau menggunakan kata-kata yang
tidak perlu, menggunakan tulisan yang wajar (tidak menggunakan huruf kapital
semua seolah-olah sedang berteriak-teriak).
4.
Tidak melakukan Flaming, Trolling, dan Junking
saat berforum
·
FLAMING
(memanas-manasi)
Flaming adalah tindakan posting atau mengirim pesan yang
tidak sopan melalui Internet. Pesan-pesan, yang disebut “flaming,” dapat
diposting dalam forum diskusi online atau newsgroup, atau dikirim via e-mail
atau instant messaging program. Daerah yang paling umum dimana flaming terjadi
adalah forum diskusi online, yang juga disebut buletin board. Flaming dapat
berupa tindakan provokasi, mengejek, ataupun penghinaan terhadap user lain.
Contoh Flaming
: Flaming ini sering terjadi dalam forum-forum diskusi online, misalnya diskusi
tentang perbandingan 2 gadget yang serupa tetapi berbeda merk. Dilihat dari
judul topiknya pun sudah mengundang perdebatan seperti “Pilih smartphone A atau
smartphone B”, maka isi forum tersebut pun sudah bisa ditebak yaitu pengguna
yang mendukung smartphone A maka akan memposting tentang kelebihan-kelebihan
dari smartphone tersebut, dan hal ini akan memicu pengguna smartphone B untuk
berkomentar mengenai smartphone A.
·
TROLLING
(Keluar dari topik pembicaraan)
Trolling ini sering terjadi dalam sosial media, contohnya
ialah memberikan komentar secara terus menerus bisa berisi penghinaan /
provokasi. Pelaku trolling sering disebut “Trolls”. Para trolling ini
beranggapan bahwa yang mereka lakukan hanyalah keisengan dan humor
belaka. Trolling ini merupakan cyberbulying,
trolling juga sering terjadi di youtube.
Contoh Trolling:
Seseorang mengubah profile picture sebuah akun sosial medianya, dan ada yang
berkomentar “fotonya cantik ya? Pasti gara-gara photoshop”.
·
Junking
(berkomentar yang tidak perlu)
Junking sebenarnya dari kata “Junk” yang artinya sampah.
Junking ini juga dikenal dengan kata lain “spamming”. Saat kita membuka
email, ada sebuah label sendiri yang bernama spam. Isinya adalah hal-hal yang
tidak penting seperti iklan-iklan yang tidak jelas dan terkadang berisi hadiah
undian yang sebenarnya tidak pernah kita ikuti. Junking ini juga sering
dilakukan oleh para “junker” di forum-forum diskusi.
Contoh Junking:
dalam forum diskusi memposting komentar dengan hanya kata kata singkat yang tidak
memiliki arti.
BAB III
KESIMPULAN
Layanan aplikasi di internet sangat beragam. Mulai dari World Wide Web, E-mail, Search Engine, hingga
Chatting. Namun, dalam penggunaan
internet, pengguna internet juga harus mengerti bagaimana etika dalam
menggunakan layanan aplikasi di internet sehingga tidak menimbulkan konflik
dalam dunia maya.
BAB IV
DAFTAR PUSTAKA
Yuhefizar. (2008). 10
Jam Menguasai Internet Teknologi dan Aplikasinya. Jakarta:
PT Elex Media Komputindo
http://umum.kompasiana.com/2008/11/27/perkara-netiquette-33.html
No comments:
Post a Comment