January 3, 2014

LAYANAN APLIKASI DI INTERNET

BAB I
PENDAHULUAN

A.      LATAR BELAKANG
Saat ini penggunaan internet telah berkembang dengan pesat. Banyak orang yang mulai menggunakan internet karena penggunaannya yang mudah diakses dimana pun dan kapan pun. Namun, dalam penggunaannya itu terkadang masih ditemukan orang-orang yang belum mengerti bagaimana seharusnya menggunakan internet dengan baik dan benar sehingga tidak merugikan diri sendiri dan orang lain.

B.      TUJUAN
Untuk memahami dan mengetahui tentang World Wide Web, E-mail, Search Engine, Chatting, serta Netiquette.

C.      RUMUSAN MASALAH
1.       Apa pengertian dari World Wide Web?
2.       Apa pengertian dari E-mail?
3.       Apa pengertian dari Search Engine?
4.       Apa pengertian dari Chatting?
5.       Apa pengertian Netiquette?

BAB II
ANALISA DAN PEMBAHASAN

A.      WORLD WIDE WEB (WWW)
World Wide Web adalah informasi yang dapat diakses melalui internet dimana dokumen-dokumen hypermedia (file-file computer) disimpan dan kemudian diambil dengan cara-cara yang menggunakan metode penentuan alamat  yang unik. World wide web juga merupakan kumpulan computer yang bertindak sebagai server isi/kandungan yang menyimpan dokumen-dokumen yang diformat untuk memungkinkan dilihatnya teks, grafis, dan audio sekaligus juga memungkinkan dibuatnya link dengan dokumen-dokumen lain didalam web.

B.      ELECTRONIC MAIL (E-MAIL)
E-Mail  merupakan singkatan dari electronic mail, yaitu suatu metode untuk mengirimkan pesan, menyimpannya, dan meneruskannya ke alamat email yang lain melalui media elektronik (internet).  Dengan fasilitas ini, kita bisa mengirim atau menerima pesan(email) dari dan ke pengguna internet diseluruh dunia, dan setiap pesan yang dikirim dan diterima akan selalu tersimpan di dalam mailbox.

Untuk mengirim e-mail dapat melalui: yahoo mail, google mail, dan sebagainya.

C.      SEARCH ENGINE
Search Engine adalah perangkat lunak atau lebih sering disebut robot atau jarring laba-laba yang diprogram untuk mencari website terbaru. Robot ini bekerja dengan cara mengunjungi dari website satu ke website lainnya. Saat mengunjungi website, robot-robot akan mencatat setiap halaman yang ada pada setiap website. Robot-robot tersebut akan mengunjungi ulang website yang pernah dikunjungi secara teratur untuk memastikan apakah website yang telah terindeks masih ada atau tidak.

Contoh search engine: google chrome, Mozilla firefox, internet explorer, dan sebagainya.

D.      CHATTING
Chatting merupakan aplikasi yang sangat banyak digunakan oleh pengguna internet untuk berkomunikasi secara langsung baik menggunakan software internet relay chat (IRC) yang berbasis teks seperti mIRC maupun grafik seperti Yahoo Messenger. Dengan chatting, anda bisa bicara dengan siapa saja yang terhubung dengan internet.

Selain Yahoo Messenger, kita juga dapat chatting melalui msn, ICQ, dan sebagainya.

E.       NETIQUETTE 
NETIQUETTE yaitu Internet dan Etiquette. Internet merupakan sebuah wadah yang besar untuk berbagai macam informasi, berbagai topik bahasan tersedia di internet, dari mulai bahan pembelajaran, politik sampai informasi gossip sekalipun. Selain untuk mencari berita tentang kehidupan internet juga dapat dijadikan tempat untuk bersosialisasi, karena sudah banyak media-media sosial pada internet seperti facebook, tweeter, myspace, dan lainnya. Internet juga dapat membantu dalam hal pekerjaan dengan internet para karyawan dapat bertukar data dengan cepat melaluli email. Netiquette ini adalah sebuah aturan-aturan yang harus kita pahami saat kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banya dan terbuka.
Beberapa aturan yang ada pada Netiquette diantaranya adalah :
1.       Pengamanan property yang dimiliki oleh user, seperti mengamankan komputer dari virus-virus atau personal firewal.
2.       Tidak menggunakan data pribadi yang sebenarnya.
3.       Menghargai pengguna internet yang lainnya, tidak melakukan plagiat, tidak mengambil keuntungan illegal dari intenet, tidak mengganggu privasi orang lain, tidak boros kata atau menggunakan kata-kata yang tidak perlu, menggunakan tulisan yang wajar (tidak menggunakan huruf kapital semua seolah-olah sedang berteriak-teriak).
4.       Tidak melakukan Flaming, Trolling, dan Junking saat berforum

·         FLAMING (memanas-manasi)
Flaming adalah tindakan posting atau mengirim pesan yang tidak sopan melalui Internet. Pesan-pesan, yang disebut “flaming,” dapat diposting dalam forum diskusi online atau newsgroup, atau dikirim via e-mail atau instant messaging program. Daerah yang paling umum dimana flaming terjadi adalah forum diskusi online, yang juga disebut buletin board. Flaming dapat berupa tindakan provokasi, mengejek, ataupun penghinaan terhadap user lain.
Contoh Flaming : Flaming ini sering terjadi dalam forum-forum diskusi online, misalnya diskusi tentang perbandingan 2 gadget yang serupa tetapi berbeda merk. Dilihat dari judul topiknya pun sudah mengundang perdebatan seperti “Pilih smartphone A atau smartphone B”, maka isi forum tersebut pun sudah bisa ditebak yaitu pengguna yang mendukung smartphone A maka akan memposting tentang kelebihan-kelebihan dari smartphone tersebut, dan hal ini akan memicu pengguna smartphone B untuk berkomentar mengenai smartphone A.
·         TROLLING (Keluar dari topik pembicaraan)
Trolling ini sering terjadi dalam sosial media, contohnya ialah memberikan komentar secara terus menerus bisa berisi penghinaan / provokasi. Pelaku trolling sering disebut “Trolls”. Para trolling ini beranggapan bahwa yang mereka lakukan hanyalah keisengan dan humor belaka. Trolling ini merupakan cyberbulying, trolling juga sering terjadi di youtube.
Contoh Trolling: Seseorang mengubah profile picture sebuah akun sosial medianya, dan ada yang berkomentar “fotonya cantik ya? Pasti gara-gara photoshop”.
·         Junking (berkomentar yang tidak perlu)
Junking sebenarnya dari kata “Junk” yang artinya sampah. Junking ini juga dikenal dengan kata lain “spamming”. Saat kita membuka email, ada sebuah label sendiri yang bernama spam. Isinya adalah hal-hal yang tidak penting seperti iklan-iklan yang tidak jelas dan terkadang berisi hadiah undian yang sebenarnya tidak pernah kita ikuti. Junking ini juga sering dilakukan oleh para “junker” di forum-forum diskusi. 
Contoh Junking: dalam forum diskusi memposting komentar dengan hanya kata kata singkat yang tidak memiliki arti.


BAB III
KESIMPULAN

Layanan aplikasi di internet sangat beragam. Mulai dari World Wide Web, E-mail, Search Engine, hingga Chatting. Namun, dalam penggunaan internet, pengguna internet juga harus mengerti bagaimana etika dalam menggunakan layanan aplikasi di internet sehingga tidak menimbulkan konflik dalam dunia maya.


BAB IV
DAFTAR PUSTAKA

Yuhefizar. (2008). 10 Jam Menguasai Internet Teknologi dan Aplikasinya. Jakarta:
PT Elex Media Komputindo
http://umum.kompasiana.com/2008/11/27/perkara-netiquette-33.html

No comments:

Post a Comment