January 3, 2014

PSIKOTERAPI: PSIKOLOGI KLINIS DALAM INTERNET

BAB I
PENDAHULUAN

A.      LATAR BELAKANG
Dengan berkembangnya teknologi internet pada zaman sekarang telah digunakan oleh sebagian orang untuk mempermudah kegiatan mereka dalam berbagai hal, bahkan seorang psikolog pun bisa menangani pasiennya hanya menggunakan fasilitas internet. Pertanyaannya apakah itu semua efektif?? Dalam setiap perkembangannya internet memiliki begitu banyak dampak positif namun juga tidak sedikit pula dampak negatifnya.

B.      TUJUAN
1.       Dapat mengetahui dan memahami psikoterapi
2.       Dapat mengetahui dan memahami adanya psikoterapi dengan bantuan internet
3.       Dapat mengetahui dan memahami dampak positif serta negatif psikoterapi

C.      RUMUSAN MASALAH
1.       Apa itu psikoterapi?
2.       Apa saja ciri utama psikoterapi?
3.       Apa saja dampak positif serta negatif dari psikoterapi dalam internet?

BAB II
ANALISA DAN PEMBAHASAN

Psikoterapi ialah suatu cara pengobatan terhadap masalah emosional seorang pasien yang dilakukan oleh seorang yang terlatih dalam hubungan profesional secara suka rela, dengan maksud hendak menghilangkan, mengubah atau menghambat gejala-gejala yang ada, mengoreksi perilaku yang terganggu dan mengembangkan pertumbuhan kepribadian secara positif. Dalam psikoterapi, hubungan pasien-dokter serta pengenalan pemindahan dan hambatan adalah sangat penting.
Ada tiga ciri utama psikoterapi, yaitu:
1.       Dari segi proses :  berupa interaksi antara dua pihak, formal, profesional, legal dan menganut kode etik psikoterapi.
2.       Dari segi tujuan : untuk mengubah kondisi psikologis seseorang, mengatasi masalah psikologis atau meningkatkan potensi psikologis yang sudah ada.
3.       Dari segi tindakan: seorang psikoterapis melakukan tindakan terapi berdasarkan ilmu psikologi modern yang sudah teruji efektivitasnya.
Seorang psikologi yang melakukan psikoterapi melalui internet memang dapat membantu klien nya melalui internet, yaitu dengan menggunakan blog atau web pribadi mereka. Klien dapat menceritakan segala keluh kesahnya dan seorang psikologi dapat memberikannya nasehat serta solusi-solusi lainnya. Namun seorang psikologi tidak bisa menangani lebih lanjut jika ingin memberikan psikoterapi atau tretmen selanjutnya. Mereka hanya bisa melakukan diskusi-diskusi kecil. Itu kekurangannya dari psikoterapi online sedangkan kelebihannya sebelum seorang psikologi menangani lebih lanjut dengan tatap muka mereka telah mengetahui inti dari permasalahan klien karna telah berkonsultasi sebelumnya melalui internet.
Dampak positif:
a.       Membuat masyarakat menjadi lebih inovatif dan kreatif karena mudahnya akses informasi yang diberikan internet.
b.      Membuat masyarakat lebih sadar mengenai hal-hal yang terjadi disekitarnya.
c.       Mengikis kesenjangan informasi antara masyarakat desa dan kota, karena masyarakat desa pun kini bisa mengakses informasi yang sama dengan masyarakat yang ada di perkotaan.
Dampak negatif:
a.       Mengikis kecintaan masyarakat kepada budaya aslinya, akses mudah yang diberikan internet mengenai dunia luar bisa mempengaruhi kebudayaan suatu masyarakat.
b.      Mempengaruhi pola pikir masyarakat menjadi sekularisme.
c.       Merusak moral mayarakat dengan banyaknya situs porno dan perjudian.


BAB III
KESIMPULAN

Psikoterapi adalah serangkaian metode berdasarkan ilmu-ilmu psikologi yang digunakan untuk mengatasi gangguan kejiwaan atau mental seseorang. Komputer sebagai media komunikasi,yaitu komunikasi antara seseorang individu dan individu lain dilakukan melalui komputer. Teknologi online juga membuat sangat sederhana untuk berpartisipasi dalam dukungan komunitas dan kelompok serta menyediakan psikoterapi secara online.


BAB IV
DAFTAR PUSTAKA

http://amanda2609.blogspot.com/2012/11/psikologi-dan-internet-dalam-lingkup.html

No comments:

Post a Comment